Minggu, 12 Agustus 2012

cara mengirim barang ke luar daerah


Assalamualaikum,,
Hai sobat sekaliaan,, saya mau bagi info nie buat anda yang ingin ngirim barang keluar daerah,, tapi bingung caranya gimana,, nah kita akan berbagi pengalaman ni tentang bagaimana cara mengirim barang ke luar daerah (khusus di Indonesia,, hehe,).
Sebelum anda menuju tempat jasa pengiriman, anda terlebih dahulu
harus menyiapkan barang anda, sebaiknya barang tersebut anda kemas didalam kardus. Usahakan  sekecil mungkin kardusnya, tp juga jangan sampe gak muat barang anda, hehe. kenapa gitu??? Karena ongkos kirim barang tergantung volume dan berat barangnya,, jaadi, semakin ringan barang dan semakin kecil volumnya, maka ongkosnya semakin murah. Begitu juga sebaliknya. Untuk lebih jelas anda lihat di…http://www.posindonesia.co.id/, untuk menegecek ongkos kirim lewat pos, anda bisa liat caranya dihttp://www.ok-rek.com/2011/12/cek-ongkos-kirim-melalui-pos-indonesia.html
Oke,, tahap selanjutnyaa,,kita ke tempat jasa pengiriman. Ada beberapa jasa pengiriman di Indonesia, seperti TIKI, POS Indonesia, JNE,dll. Nah, saya kemarin pilih yang dari POS Indonesia,yaa katanya lebih terjamin, lebih murah, dan lebih cepat.
Sebelum barang anda berikan ke pihak POS, anda bungkus dulu brang yang sudah anda kemas dalam kardus tadi dengan kertas sejenis sampul buku gitu,, hehe saya juga kurang tau namanya apa. Tapi anda tidak perlu pusing, karena disamping kantor pos itu pasti ada tempat Foto Copy yang melayani “pembungkusan” barang kiriman, silahkan anda berikan barang yang sudah di kemas dengan kardus tadi ke pekerja di foto copy itu, trus bilang “tolong di  bungkus mbak” orang itu pasti ngerti karena emang itu kerjaannya,, hihihi ;)
Nah setelah pembungkusan sudah selesai, anda tulis alamat pengirim di satu sisi kardus, dan alamat tujuan disisi lainnya, kemudian barang tersebut anda bawa ke kantor pos dan berikan barang itu ke bagian pengiriman barang, anda bisa tanyakan sama pak satpam disana.
Setelah anda temukan bagian pengiriman barang, anda berikan barang tersebut, nanti anda akan ditanyakan “apa isinya mas?”, “harganya kira2 berapa?”, kemudian anda akan diminta biaya pengiriman dan diberikan “bukti terima kiriman” untuk anda simpan supaya bisa mengajukan pengaduan kepada pihak pos jika barang anda tidak sampai ke tujuan. Akhirnya tugas anda hanya menunggu kabar dari yang disana bahwa barangnya sudah sampai. Oya,  anda jangan khawatir, karena biasanya jasa pos lebih terjamin dan cepat (pengalaman saya, barangnya sampai ke tujuan pada esok hari setelah pengiriman. Cepat kan ? ;))
Oke, sekian dulu ceritaku, apa ceritamu??????? ;) hehehe
Note: mohon maaf kalo penulisannya ada yang janggal, kurang memuaskan dan kalimatnya yang kurang bagus.mohon dimaklumi, kami masih belajar :)

4 komentar:

  1. ayo semangat untuk menulis,,, tingkatkan..!!!

    BalasHapus
  2. sedikit berbagi, gua pernah pake jasa viabox buat kirim barang, menurut gua rate mereka ok, respon dari mereka super cepet dan memuaskan, barang sampai tujuan dengan selamat tanpa kerusakan

    BalasHapus