Assalamualaikum.
hai
Syedara loen (saudaraku:Aceh). Berikut ini beberapa Jenis Kebutuhan
menurut para ahli, yang saya kumpulkan dari beerbagai buku, blog, dan
situs lainnya. semoga bermanfaat. mohon maaf jika ada kesalahan. Jangan
lupa sarannya di komentar. thanks. :)
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan adalah
segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk
memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Kebutuhan juga merupakan keinginan manusia terhadap benda atau jasa
yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun kebutuhan rohani. Kebutuhan
manusia tidak
terbatas pada kebutuhan yang bersifat konkret (nyata) tetapi juga
bersifat abstrak (tidak nyata). Misalnya rasa aman, ingin dihargai, atau dihormati,maka kebutuhan
manusia bersifat tidak terbatas.
Menurut Murray, kebutuhan adalah sebuah konstruk yang
menunjukkan “sebuah dorongan dalam wilayah otak” yang mengatur berbagai proses
seperti persepsi, pikiran, dan tindakan dengan maksud untuk mengubah kondisi
yang ada dan tidak memuaskan. Sebuah
kebutuhan dapat diakibatkan oleh proses internal namun lebih dari sepuluh
distimulasi oleh factor lingkungan. Secara umum, sebuah kebutuhan disertai oleh perasaan
tertentu atau emosi dan ia memiliki sebuah cara khusus mengekspresikan dirinya dalam mencapai
resolusi (Murray, 1938,hal 123-125)
2. Macam-macam Teori Kebutuhan
Menurut Ahli
a) Abraham Maslow (1908
–1970)
Maslow
telah membentuk sebuah hirarki dari lima tingkat kebutuhan dasar. Di luar
kebutuhan tersebut, kebutuhan tingkat yang lebih tinggi ada. Ini termasuk
kebutuhan untuk memahami, apresiasi estetik dan spiritual kebutuhan murni.
Dalam tingkat dari lima kebutuhan dasar, orang tidak merasa perlu kedua hingga
tuntutan pertama telah puas, maupun ketiga sampai kedua telah puas, dan
sebagainya. Teori hierarki kebutuhan dasar manusia yang dikemukakan Abraham
Maslow (dalam Potter dan Perry, 1997) dapat dikembangkan untuk menjelaskan
kebutuhan dasar manusia adalah sebagai berikut:[1]
v Kebutuhan Fisiologis
Ini
adalah kebutuhan biologis. Mereka terdiri dari kebutuhan oksigen, makanan, air,
dan suhu tubuh relatif konstan. Mereka adalah kebutuhan kuat karena jika
seseorang tidak diberi semua kebutuhan, fisiologis yang akan datang pertama
dalam pencarian seseorang untuk kepuasan.
v Kebutuhan Keamanan
Ketika
semua kebutuhan fisiologis puas dan tidak mengendalikan pikiran lagi dan
perilaku, kebutuhan keamanan dapat menjadi aktif. Orang dewasa memiliki sedikit
kesadaran keamanan mereka kebutuhan kecuali pada saat darurat atau periode
disorganisasi dalam struktur sosial (seperti kerusuhan luas). Anak-anak sering
menampilkan tanda-tanda rasa tidak aman dan perlu aman.
v Kebutuhan Cinta, sayang dan kepemilikan
Ketika
kebutuhan untuk keselamatan dan kesejahteraan fisiologis puas, kelas berikutnya
kebutuhan untuk cinta, sayang dan kepemilikan dapat muncul. Maslow menyatakan
bahwa orang mencari untuk mengatasi perasaan kesepian dan keterasingan. Ini
melibatkan kedua dan menerima cinta, kasih sayang dan memberikan rasa memiliki.
v Kebutuhan Esteem
Ketika
tiga kelas pertama kebutuhan dipenuhi, kebutuhan untuk harga bisa menjadi
dominan. Ini melibatkan kebutuhan baik harga diri dan untuk seseorang mendapat
penghargaan dari orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk tegas,
berdasarkan, tingkat tinggi stabil diri, dan rasa hormat dari orang lain.
Ketika kebutuhan ini terpenuhi, orang merasa percaya diri dan berharga sebagai
orang di dunia. Ketika kebutuhan frustrasi, orang merasa rendah, lemah, tak
berdaya dan tidak berharga.
v Kebutuhan Aktualisasi Diri
Ketika
semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya maka adalah kebutuhan untuk
aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai
orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk
dilakukan.” “Seorang musisi harus bermusik, seniman harus melukis, dan penyair
harus menulis.” Kebutuhan ini membuat diri mereka merasa dalam tanda-tanda
kegelisahan. Orang itu merasa di tepi, tegang, kurang sesuatu, singkatnya,
gelisah. Jika seseorang lapar, tidak aman, tidak dicintai atau diterima, atau
kurang harga diri, sangat mudah
untuk mengetahui apa orang itu gelisah tentang. Hal ini tidak
selalu jelas apa yang seseorang ingin ketika ada kebutuhan untuk aktualisasi
diri.
Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida, lebih besar
tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili
kebutuhan aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa satu-satunya alasan bahwa
orang tidak akan bergerak dengan baik di arah aktualisasi diri adalah karena
kendala ditempatkan di jalan mereka oleh masyarakat negara. Dia bahwa pendidikan merupakan salah satu kendala. Dia
merekomendasikan cara pendidikan dapat beralih dari orang biasa-pengerdilan
taktik untuk tumbuh pendekatan orang. Maslow menyatakan bahwa pendidik harus
menanggapi potensi individu telah untuk tumbuh menjadi orang-aktualisasi diri /
jenis-nya sendiri.
b) Gardner Murphy
Disamping
Maslow, Gardner Murphy menggambarkan kebutuhan itu diatas empat
kategori, yang terdiri dari :[2]
1. Kebutuhan dasar yang berkaitan bagian -bagian penting tubuh
misalnya kebutuhan
untuk makan,
minum, udara dan sejenisnya.
2. Kebutuhan akan kegiatan, meliputi kebutuhan “untuk tetap bergerak”
3. Kebutuhan sensori meliputi kebutuhan untuk warna, suara ritme, kebutuhan yang
berorientasi terhadap lingkungan dan sejenisnya.
4. Kebutuhan untuk menolak sesuatu yang tidak mengenakkan, seperti rasa sakit, ancaman dan sejenisnya.
c)
Erichh
Fromm
Erichh Fromm mengidentifikasi
kebutuhan manusia itu berasal dari kondisi keberadaannya,
yang meliputi :
1. keterhubungan versus narcissisme
2. transeden-kreativitas versus penghancuran
3. kekeluargaan versus non kekeluargaan
4. rasa identitas-individualitas versus komformitas kelompok
5. kebutuhan pengabdian-rational versus irrasional
d)
Knowles
Knowles
membagi kebutuhan dasar manusia atas beberapa macam,
diantaranya :
1. Kebutuhan fisik.
Kebutuhan
ini yang paling mudah dilihat. Dalam hubungan dengan
pendidikan, maka kebutuhan itu meliput i kebutuhan untuk melihat, mendengar,
beristirahat. Jika tulisan terlalu kecil, suara terlalu pelan, jika kursi
terlalu keras
orang cenderung tidak merasa senang, sehingga tidak dapat mengkonsentrasikan dirinya
kepada belajar. Kebutuhan fisik merupakan sumber motivasi pada sebagian tindakan
manusia.
2. Kebutuhan berkembang.
Menurut para ahli psikologi dan psikiatri kebutuhan
untuk berkembang merupakan kebutuhan yang paling dasar dan universal. Orang
dewasa yang merasa tidak mempunyai masa depan untuk berkembang, kehidupan
akan tidak berguna. Kebutuhan untuk berkembang ini adalah merupakan dorongan
yang kuat untuk belajar, karena pada dasarnya, pendidikan adalah perkembangan
dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan , sikap dan minat. Belajar
sesuatu yang baru akan memberikan rasa berkembang bagi seseorang.
3. Kebutuhan rasa aman.
Kebutuhan rasa aman termasuk kebutuhan rasa aman
baik fisik maupun psikologis. Oleh karena adanya kebutuhan ini, maka kita merasa
aman dalam pekerjaan yang ditata secara teratur dan sistematik. Dengan kebutuhan
ini, kita ingin mengetahui dimana dapat memperoleh sesuatu, apa yang akan
terjadi pada masa yang akan dating. Demikian pula biasanya kita akan menolak cara
baru walaupun cara lama lebi h baik, karena kita ingin lebih aman dengan cara yang
sudah pernah kita lakukan. Apabila rasa aman itu terganggu, maka akan ada kecenderungan
kita untuk menarik diri berbpartisipasi atau kita mencari jalan lain yang
berlawanan yaitu dengan cara mencari per lindungan dalam bentuk diawasi atau didominasi
oleh orang lain.
4. Kebutuhan untuk memperoleh pengalaman baru.
Berlawanan
dengan kebutuhan
rasa aman, maka manusia sering melakukan cara berlawanan, yaitu
dengan mencari
petualangan atau melakukan sesuatu yan g mengandung resiko. Manusia cenderung
merasa bosan dengan terlalu banyak yang rutin atau terlalu banyak rasa aman.
Apabila betuhan untuk memperoleh pengalaman baru dihalangi, maka dapat mengakibatkan
perbuatan yang acuh, impulsive dan tersinggung. Adanya kebutuhan untuk
mencari pengalaman
baru ini, maka orang didorong untuk mencari kawan baru, minat
baru, cara-cara baru, dan gagasan baru.
5. Kebutuhan afeksi.
Setiap orang ingin disenangi walaupun untuk
menuju kesitu
kadang-kadang menunjukan keinginan yang berlawanan. Apabila orang merasa tidak
disukai, atau kebutuhan afeksinya dihalangi, maka mereka akan merespon dalam dua
bentuk perilaku yang ekstrim. Pertama, mereka menarik diri atau bersifat
agresif. Kedua,
mereka akan memilih jalan tengah yaitu dengan p erilaku yang berpura-pura.
6. Kebutuhan untuk memperoleh pengakuan.
Setiap
manusia mempunyai kebutuhan untuk dipuji dan dihormati oleh orang lain. Keinginan ini
mendorong orang untuk memperoleh kedudukan dalam kelompok sosialnya, lembaganya dan masyarakatnya.
Dengan klata lain mendorong orang untuk mencari status dan perhatian
orang lain. Kebutuhan untuk memperoleh pengakuan ini apabila dihalangi, maka
orang itu merasa tidak punya harga sehingga ia menarik diri atau ia berusaha untuk
memperoleh perhatian.
e)
Henry
Murray
Henry
Alexander Murray (13 Mei 1893 - 23 Juni 1988) adalah seorang Amerika psikolog
yang mengajar selama lebih dari 30 tahun di Harvard University. Murray
mengembangkan teori kepribadian Personology disebut, berdasarkan "
kebutuhan "dan" tekan”. Ia berpendapat bahawa kebutuhan itu terbagi kepada
beberapa macam, yaitu:[1]
1) Kebutuhan yang
dimotivasi oleh keinginan untuk mencapai power, kekayaan, prestise, pengetahuan
atau prestasi kreatif :
Ø Need
Achievement (kebutuhan prestasi), Bekerja
mencapai suatu tujuan dengan energi, daya tahan dan kepastian tujuan.
Ø Need Acquisition
(kebutuhan perolehan), terdiri dari Sosial dan Asosial (mencuri, menipu, merampok, dsb.).
Ø
Need Aggresion (kebutuhan agresi), terdiri dari Emotional Verbal (berargumen
dengan orang lain), Physical Sosial (membela diri) dan Physical
Asosial (berbuat criminal)
Ø Need
Construction (kebutuhan ketertiban)
Ø Need
Counteraction (kebutuhan mengatasi kelemahan)
Ø Need Dominance
(kebutuhan dominasi)
Ø Need
Expotition (kebutuhan menginterprestasikan)
Ø Need
Recognition (kebutuhan ekshibisi)
Ø Need
Understanding (kebutuhan pemahaman)
2)
Kebutuhan yang dimotivasi oleh afeksi,
kekaguman, simpati, cinta dan ketergantungan / dependensi :
Ø Need
Affiliation (kebutuhan afiliasi)
Ø Need Deference
(kebutuhan sikap hormat)
Ø Need Nurturance
(kebutuhan sikap memelihara)
Ø Need Sex
(kebutuhan seks)
Ø Need Succorance
(kebutuhan pertolongan dalam kesusahan)
3) Kebutuhan yang
dimotivasi oleh keinganan akan kebebasan, perubahan, rangsangan (excitement)
dan permainan :
Ø Need
Autonomy (kebutuhan
otonomi) :
Ø Ned
Change, Travel, Adventure (kebutuhan perubahan, perjalanan,
petualangan)
Ø Need
Excitance, Dissipation (kebutuhan eksistensi, lawan bahaya).
Ø Need
Playmirth (kebutuhan
permainan)
Jean Waston membagi kebutuhan dasar manusia ke
dalam 2 peringkat utama, yaitu:
1)
kebutuhan yang tingkatnya lebih rendah (lower
order needs) dan
2)
kebutuhan yang tingkatnya lebih tinggi (higher
order needs).
g) Virginia
Henderson
Virginia Henderson (dalam Potter dan Perry,
1997) membagi kebutuhan dasar manusia ke dalam 14 komponen berikut:
1)
Bernapas secara normal.
2)
Makan dan minum yang cukup.
3)
Eliminasi (buang air besar dan kecil).
4)
Bergerak dan mempertahankan postur yang
diinginkan.
5)
Tidur dan istirahat.
6)
Memilih pakaian yang tepat.
7)
Mempertahankan suhu tubuh dalam kisaran normal
dengan menycsuaikan pakaian yang dikenakan dan memodifIkasi lingkungan.
8)
Menjaga kebersihan diri dan penampilan.
9)
Menghindari bahaya dari lingkungan dan
menghindari membahayakan orang lain.
10) Berkomunikasi
dengan orang lain dalam mengekspresikan emosi, kebutuhan, kekhawatiran, dan
opini.
11) Beribadah
sesuai dengan agama dan kepercayaan.
12) Bekerja
sedemikian rupa sebagai modal untuk membiayai kebutuhan hidup.
13) Bermain atau
berpartisipasi dalam berbagai bentuk rekreasi.
14) Belajar,
mencmukan, atau memuaskan rasa ingin tahu yang mengarah pada perkembangan yang
normal, kesehatan, dan penggunaan fasilitas kesehatan yang tersedia.
h) McClelland
Teori Kebutuhan Mc. Clelland menjelaskan tiga jenis
motivasi, yang diidentifikasi dalam buku ”The Achieving Society” sebagai
beriktu :
v Need for achievement yaitu kebutuhan untuk berprestasi yangmerupakan refleksi dari dorongan
akan tanggungjawab untuk pemecahan masalah. Seorang yang kebutuhan
berprestasinya tinggicenderung untuk berani mengambil resiko. Kebutuhan
untuk berprestasi adalah kebutuhan untuk melakukan pekerjaan lebih
baik daripada sebelumnya,selalu berkeinginan mencapai prestasi yang lebih
tinggi
v Need for affiliation,yaitu kebutuhan untuk
berafiliasi yang merupakandorongan untuk berinteraksi dengan orang lain,berada
bersama oranglain,tidak mau melakukan sesuatu yangmerugikan orang lain.
v Need for power, yaitu kebutuhan akan kekuasaan yang merupakanrefleksi dari
dorongan untuk mencapai autoritas,untuk memilikipengaruh kepada orang.lain
DAFTAR PUSTAKA
Maulana. D.J. Heri. Promosi Kesehatan. (Jakarta:Pbk.
EGC).2007. hal 64.
Sumantri Mulyani dan Syaodih Nana. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Universitas Terbuka
Sujiono,
Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT Indeks.
Wina
Sanjaya. 2008. Perencanaan
dan desain system pembelajaran, Jakarta:.kencana
group.
http://analisisaud.blogspot.com/2013/10/analisis-kebutuhan-aud-by-masitah.html /diakses pada 27 Mei 2014.
http://belajarpsikologi.com/teori-hierarki-kebutuhan-maslow/diakses pada 27 Mei 2014.
http://ezafauzinotes.blogspot.com/2012/09/teori-kebutuhan-sekular-teori-kebutuhan.html/ diakses pada 25 mei 2014.
[1] http://belajarpsikologi.com/teori-hierarki-kebutuhan-maslow/diakses pada 23 April 2014.
[2]
http://bedahdesamandiripertamina.blogspot.com/2012/05/teori-kebutuhan-dasar-manusia.html/
diakses pada 28 Mei 2014.
[3] Wina Sanjaya.
Perencanaan dan desain system pembelajaran, Jakarta.kencana
group. (2008) hal. 91-92
[4] Ibid.
terimakasih atas ilmunya gan,bagus banget artikel kamu,
BalasHapusada juga artikel tentang ekonomi di http://new-ekonomi-bisnis.blogspot.co.id/
sama sama bang, semoga bermanfaat :)
HapusSaya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
HapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Thanks sob, very useful..!
BalasHapussamasama, semoga bermanfaat..
Hapusbgus bnget..thanks
Hapusterikakasih infonya ya semoga bermanfaat
BalasHapuskondom sambung
obat hernia
celana hernia
obat peninggi badan
magic tissue
vmen plus
vigrx plus
boneka full body
obat pembesar payudara
pro extender
obat penumbuh rambut
obat penyubur sperma
obat penggemuk badan
obat penghilang bekas luka
pemutih wajah tensung
obat ambien
obat kuat cialis
vakum pembesar payudara
vibrator capsule
capsul penggeli
obat pembesar alat vital
izin menyebar ilmunya ya
BalasHapusthanks informasinya(Y)
BalasHapusmaaf sebelumnya itu teori teorinya dapat dari buku yang mana?? terus Sumantri Mulyani dan Syaodih Nana. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Universitas Terbuka itu maksudnya apa
BalasHapusSharing Jika anda menderita penyakit Hernia Pada Anak yang terdapat benjolan di sekitar pusar atau di bagian yang lain segera atasi dengan Herbal AgaricPro Celana Hernia Pada Bayi Sangat Nyaman
BalasHapusSolusi Terbaik Atasi Hernia Pada Anak Tanpa Operasi
sangat bermanfaat kak :)
BalasHapushttp://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2FHadi_Syaputra.wordpress.com
terimakasih infonya
BalasHapusToko Celana Hernia
Celana Hernia
Celana Hernia Anak
Jual Celana Hernia
Celana Hernia Bayi
Toko Celana Hernia Magnetik 081330099399
AI and how Chek. http://7pw3rzl8ah.dip.jp http://skkz5dwgsn.dip.jp http://j0z7n9zcuu.dip.jp
BalasHapusKunjungi blog saya jika Anda tertarik dengan dunia marketing terutama WhatsApp Bisnis
BalasHapuswhatsapp bisnis